Pap Smear Adalah

Gambar Proses Papsmear

Ada berbagai macam penyakit yang bisa kapan saja menyerang tubuh kita, mulai dari yang ringan, sedang, sampai yang paling berat atau penyakit yang susah untuk disembuhkan, atau bahkan belum ada yang bisa menyembuhkan. Salah satu yang termasuk dalam penyakit terberat adalah penyakit Kanker, penyakit Kanker adalah penyakit yang sangat sulit untuk dapat disembuhkan atau pun ditemukan obatnya.

Gambar Proses Papsmear
Gambar Proses Papsmear

Tak banyak dari para penderita yang akhirnya meninggal dunia karena penyakit mematikan ini. Bahkan, para penderita yang masih bisa bertahan pun biasanya hanya bisa terus berusaha dan menunggu keajaiban dari tuhan.

Penyakit yang satu ini pun tak hanya menyerang beberapa golongan saja, tetapi mulai dari Anak-anak, Remaja maupun Orang tua dapat berpotensi mengidap penyakit ganas ini, baik Wanita ataupun Laki-laki.

Ada berbagai macam penyakit kanker, salah satunya adalah Kanker Serviks, yaitu kanker yang hanya menyerang kalangan wanita saja, tepatnya menyerang pada bagian Rahim. Penyakit ini merupakan penyakit yang mematikan untuk wanita sendiri.

Dengan berbagai macam penyakit yang berkembang dan berada di sekitar kita saat ini, kita harus sadar dan mulai bertindak untuk mencegah datangnya si penyakit. Tak terkecuali penyakit yang biasa dikenal dengan kanker leher rahim ini. salah satu cara pencegahannya adalah dengan melakukan “Pap smear”.

Pengertian Pap Smear dan Penjelasannya

Pap smear atau yang memiliki nama lain papanikolaou test adalah suatu proses pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya sel-sel kanker yang tumbuh dan berkembang di leher Rahim (Serviks), serta mendeteksi infeksi pada endocervix dan endometrium (lapisan terdalam pada Rahim atau tempat menempelnya ovum yang telah dibuahi).

Pap smear sendiri dapat dilakukan saat wanita berumur 18 tahun, namun lebih  banyak dianjurkan untuk mereka yang berusia 21 tahun keatas atau yang sudah aktif dalam melakukan hubungan seks. baik untuk mereka yang setia dengan satu pasangan ataupun untuk mereka yang suka bergonta-ganti pasangan.

Biasanya dokter akan menyarankan pemeriksaan serviks setiap 3 tahun sekali, tapi akan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih sering jika sudah ada tanda-tanda perubahan sel-sel yang dapat menyebabkan kanker serviks dimasa mendatang.

Kegunaan Pap smear adalah untuk mendeteksi lebih dini kanker serviks, salah satu kanker yang paling mematikan untuk para wanita selain kanker payudara. Serta mengobati lebih awal untuk bisa menanggulangi terjadinya kanker serviks sendiri, Agar peluang kesembuhan penderita penyakit ganas ini lebih besar.

Pap smear merupakan salah satu prosedur yang dapat mencegah terjadinya kanker serviks, meski dalam pelaksanaannya masih membutuhkan beberapa pertimbangan Ini bisa dijadikan suatu langkah awal agar mengurangi terjadinya sesuatu yang tidak di inginkan. Untuk informasi lebih lengkapnya anda bisa lihat di http://cegahkankerserviks.org/. yang akan membantu anda memahami lebih dalam tentang kanker dan macam-macamnya.

You May Also Like

About the Author: Admin